Online Support :


SMS : 0821 8326 1232

CS 1


Home » info pasutri » Cara Merawat Payudara Saat Menyusui
Monday, October 7th 2013. | Dipublish oleh Indra

Cara merawat payudara saat menyusui agar tidak kendur dan memiliki air susu yang cukup ketika diberikan kepada buah hati tercinta. Right, pada artikel sebelumnya saya sudah mengetengahkan artikel yang berjudul perawatan payudara pada ibu hamil, nah artikel kali ini merupakan sambungan dari artikel tersebut. Saya berharap informasi ini dapat membantu ibu-ibu yang baru melahirkan atau baru mau melahirkan dalam merawat payudaranya.

Salah satu bagian terpenting pada proses menyusui adalah puting susu. Puting susu ini merupakan bagian terpenting tempat bayi melakukan sedotan dan yang mengeluarkan air susu. Agar senantiasa sehat puting susu harus senantiasa dirawat. Perawatan yang tepat akan membuat produksi ASI mencukupi kebutuhan buah hati tercinta dan juga dengan rutin melakukan perawatan akan menghindarkan payudara dari berbagai kotoran karena senantiasa dirawat sejak dini.

Bagaimana cara merawat payudara saat menyusui? Ternyata dalam melakukan perawatan bagian terintim pada wanita (payudara) terutama pada bagian puting tidaklah sulit, sebagaimana yang dikutip agen oris dari detikHealth (7/10/2013) sebagai berikut:

  1. Pijatan
    Salah satu cara terbaik untuk melakukan perawatan yang sudah mulai dilakukan ketikan bayi belum lahir atau tepatnya baru memasuki usia kandungan 3 bulan adalah pijatan. Pijatan yang diberikan ketika menyusui adalah dengan menarik bagian puting agar lebih menonjol dan lentur. Pijatan ini bisa rutin dilakukan setiap hari sehabis mandi.

    Dalam melakukan pijatan ini tidak musti dilakukan oleh wanita saja, tetapi bisa dilakukan oleh suami tercinta. Lakukan pijatan searah jarum jam atau arahnya bisa berlawanan dengan arah jarum jam. Perlu diingat dalam melakukan pijatan harus secara perlahan dan jangan kasar apalagi menggunakan media benda-benda tajam karena takut menimbulkan lecet atau luka pada payudara.

    Pijatan rutin pada payudara ini tujuannya agar puting payudara menonjol dan lentur. Kelenturan puting payudara sangat penting dalam menyusui karena dapat mempengaruhi jumlah produksi ASI.

  2. Obati dengan ASI
    Banyak wanita yang mengalami luka atau lecet ketika menyusui, terutama pada bagian puting payudara. Lecet pada puting payudara bisa terjadi karena gigitan bayi atau terbentur benda keras. Apabila payudara mengalami lecet atau luka pada bagian putingnya, maka hindari penggunaan lotion atau krim, tapi cukup mengoleskan bagian yang luka tersebut dengan ASI, karena di dalam ASI terdapat zat anti infeksi.
  3. Gunakan air panas
    Salah satu cara merawat payudara saat menyusui adalah dengan rutin membersihkan puting payudara dengan menggunakan air hangat. Jangan pernah membersihkan payudara terutama pada bagian putingnya dengan menggunakan lotion, cream atau sabun karena dapat menyebabkan puting payudara menjadi kering. Apabila puting mengering umumnya akan mengelupas dan menimbulkan rasa sakit dikala menyusui.

    Kebiasaan membersihkan payudara dengan menggunakan air hangat juga dapat membersihkan puting payudara dari berbagai penyakit dan kotoran yang melekat pada payudara serta menjadikan payudara lebih padat dan berisi.

Demikian informasi cara merawat payudara saat menyusui yang bisa saya sajikan kali ini, semoga informasi ini dapat membantu anda dalam memberikan yang terbaik untuk putra-putri tercinta dengan senantiasa melakukan perawatan payudara sejak dini.

Sukai & Bagikan Postingan ini:
Pengencang Payudara

Comment For Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

Artikel Terbaru: